Praktek Kerja Profesi

Praktek Kerja Profesi (PKP) merupakan kegiatan praktek kerja lapangan/industri untuk taruna Rekayasa Sistem Transportasi Jalan (RSTJ), Teknologi Rekayasa Otomotif (TRO), dan Teknologi Otomotif (TO) guna meningkatkan keterampilan dan keahlian secara langsung. Praktek Kerja Profesi (PKP) adalah program praktek kerja di instansi/perusahaan/industri sebagai beban SKS yang harus diikuti oleh taruna pada masing-masing prodi. Pelaksanaan PKP dilaksanakan secara berkelompok,dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Program Sarjana Terapan (Diploma 4), beban studi PKP adalah 4 SKS dan dilaksanakan pada semester VII selama 12 (dua belas) minggu dan VIII selama 8 (delapan) minggu untuk program Diploma 4 MKTJ / RSTJ dan TKO / TRO.
  2. Diploma 3 PKB, beban studi PKP adalah 4 SKS dan dilaksanakan pada semester V selama 4 (empat) minggu dan semester VI selama 12 (dua belas) minggu.

 

Taruna dapat mengikuti PKP setelah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Telah menyelesaikan perkuliahan sampai dengan semester VI untuk D4 MKTJ/RSTJ dan TKO / TRO, serta semester IV untuk D3 PKB/TO.
  2. Dinyatakan lulus pada pelaksanaan yudisium pada semester
  3. Telah menyelesaikan administrasi PKP.

 

Dalam rangka pelaksanaan Praktek Kerja Profesi taruna ditunjuk dosen yang bertugas sebagai Dosen Pembimbing. Dosen pembimbing bertugas membimbing taruna terkait dengan proses pelaksanaan praktek kerja Profesi yang meliputi proses pengumpulan data, kompilasi data, penulisan laporan, membantu taruna dalam pemilihan tema tugas akhir. Dosen pembimbing memiliki persyaratan sebagai berikut:

  1. Dosen yang mempunyai tugas dan wewenang mengajarkan mata kuliah keahlian pada program studi yang terkait.
  2. Menduduki jabatan akademik minimal Asisten Ahli dan atau Dosen Tidak Tetap pemegang ijasah minimal S2.
  3. Bila dipandang perlu, pihak luar yang keahliannya dibutuhkan dalam pelaksanaan Praktek Kerja Profesi dapat diangkat menjadi Dosen Pembimbing.