Tentang Kami

A. Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan

  1. Merencanakan program kerja bagian Adm. Akademik dan Ketarunaan berdasarkan data, sarana,sasaran pedoman yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Mengevaluasi pelaksanaan administrasi Pendidikan dan pengajaran, Administrasi tenaga kependidikan, administrasi Kerjasama & PKN, Administrasi dan pelayanan teknis taruna dan Alumni.
  3. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pengelolaan penerimaan taruna.
  4. Merencanakan pedoman standarisasi kurikulum, silabus, metodik, didaktik, alat pengajaran dan tenaga pengajar serta sarpras diklat.
  5. Melaksanakan dan melaporkan kegiatan pembinaan tenaga kependidikan.
  6. Merencanakan, melaporkan dan mengelola pelaksana diklat dan kerjasama diklat, praktek kerja baik dengan instansi pemerintah maupun swasta di dalam dan diluar negeri.
  7. Merencanakan, mengawasi dan melaporkan kegiatan proses belajar mengajar.
  8. Menyusun dan merencanakan bahan-bahan perumusan kebijakan peningkatan, pengembangan bidang Pendidikan dan sistem penjaminan mutu Pendidikan.
  9. Merencanakan dan mengevaluasi kebutuhan tenaga pengajar dan sarpras Pendidikan.
  10. Menyiapkan bahan arah kebijakan Renstra Pendidikan tenaga Pendidikan dan program studi Pendidikan.
  11. Merencanakan dan menyiapkan bahan arah kebijakan pembinaan ketarunaan.
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

A.1. Sub Bagian Administrasi Akademik

  1. Menyusun program kerja urusan Program Akademik.
  2. Menyusun target peserta dan lulusan program diklat pembentukan, diklat keterampilan khusus, beserta rencana anggarannya untuk data dukung penyusunan RKAKL satu tahun mendatang.
  3. Merencanakan dan mengkaji pengembangan program akademik yang dapat dilaksanakan.
  4. Menyusun naskah akademik pengusulan program diklat serta mengadakan rapat persiapan penyelenggarakan diklat.
  5. Menyusun rencana pengembangan program diklat, meliputi kurikulum, jadwal, dosen beserta silabusnya.
  6. Melakukan koordinasi internal antar bagian yang terkait dalam rangka menjajaki pelaksanaan program diklat.
  7. Menyusun pelaporan dan evaluasi program akademik.
  8. Melaksanakan kerjasama Pendidikan dan pelatihan dengan perguruan tinggi, sekolah dan Lembaga diklat.
  9. Mengelola ujian mid semester, ujian akhir semester baik teori maupun praktek serta pendistribusian lembar jawaban/ pengumpulan hasil koreksi ujian.
  10. Merencanakan dan melaksanakan seleksi penerimaan calon taruna.
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

A.1.1. Analis Program Diklat

  1. Menyiapkan bahan rencana strategis bidang akademik.
  2. Menyusun program kerja bidang akademik.
  3. Menyusun kebutuhan biaya bidang akademik.
  4. Menyusun dokumen usulan program studi.
  5. Menyusun dokumen akreditasi lembaga dan program studi.
  6. Menyusun dokumen statute.
  7. Menyusun bahan evaluasi dan laporan kinerja bidang akademik.
  8. Mengumpulkan bahan dan data serta menyusun dokumen pengusulan terkait pengembangan sarana dan prasarana Pendidikan.
  9. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan.
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan.

 

A.1.2. Pemroses Administrasi Akademik

  1. Menerima dan mencatat administrasi akademik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk diproses lebih lanjut.
  2. Memeriksa data administrasi akademik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka proses administrasi akademik.
  3. Mengelompokkan data administrasi akademik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk diproses lebih lanjut.
  4. Memroses administrasi akademik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai wujud pelayanan prima.
  5. Menyiapkan dokumen perimaan taruna seperti:
    • Menyusun konsep dokumen pengumuman.
    • Menyusun konsep dokumen jadwal seleksi.
    • Menyusun konsep dokumen penetapan keputusan petugas seleksi.
    • Menyusun konsep dokumen penetapan lokasi seleksi.
    • Menyusun konsep dokumen materi seleksi dalam hal penyelenggaran mandiri.
  6. Menyiapkan dokumen pelaksanaan akademik:
    • Menyiapkan kalender akademik.
    • Menyusun konsep dokumen penetapan kepanitiaan ujian diklat.
    • Menyusun konsep dokumen pengumuman hasil penilaian ujian dan menyusun dokumen transkip nilai.
    • Mendokumentasikan dokumen hasil ujian dan salinan transkip nilai.
    • Memproses, melegalisisasi dan mendokumentasikan sertifikat, surat keterangan pendamping ijazah, dan ijazah.
    • Memproses clearing sheet.
    • Menyiapkan bahan dan melaksanakan yudisium dan sidang senat terbuka.
  7. Menyiapkan bahan dokumen penyusunan peraturan akademi.
  8. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan.
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan.

A.1.3. Pemroses Data Tenaga Pendidikan

  1. Mengumpulkan dan mengevaluasi administrasi kehadiran tenaga pendidik/tenaga kependidikan.
  2. Menyeleksi kelengkapan administrasi usulan pengajuan angka kredit dan kenaikan jenjang jabatan fungsional dosen.
  3. Menyusun dokumen sk penetapan/penugasan tenaga pendidik/tenaga kependidikan.
  4. Menyusun dokumen pengajuan nomor induk dosen nasional (NIDN), nomor induk dosen khusus (NIDK), nomor urut pendidikan (NUP), dan sertifikasi dosen.
  5. Melaksanakan update data tenaga pendidik pada pangkalan data perguruan tinggi (PDPT)/sistem informasi akademik.
  6. Membuat rekapitulasi beban kerja dosen (BKD).
  7. Menyusun dokumen analisa kebutuhan tenaga pendidik/tenaga kependidikan.
  8. Menyusun dokumen kebutuhan dan dokumen pengusulan pengembangan kompetensi dosen:
    • Menyusun dokumen kebutuhan jenis pengembangan kompetensi.
    • Menyusun dokumen kebutuhan anggaran pengembangan kompetensi.
    • Menyusun dokumen usulan kebutuhan jenis pengembangan kompetensi.
    • Menyusun dokumen usulan kebutuhan anggaran pengembangan kompetensi.
  9. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan.
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan.